Minggu, 28 Februari 2010

PROGRAM MODIFIKASI PERILAKU BISA MENJADI PROGRAM YANG TEPAT BAIK UNTUK ORANGTUA MAUPUN ANAK ADHD

Apabila bisa merancang dengan baik,sebuah program modifikasi perilaku bisa menjadi sebuah program yang tepat untuk anak ADHD:
 Program modifikasi perilaku ini memaksa orangtua untuk lebih ’melek’ atas reaksi yang orangtua berikan.Ia juga membantu melatih Orangtua untuk bersikap secara sadar.
 Program ini berarti menciptakan kebiasaan memberikan sanjungan kepada anak ketika ia berperilaku baik,dimana ia diharapkan untuk selalu berperilaku baik.
 Program ini mencakup perencanaan karena Orangtua belajar untuk memprediksikan situasi yang menggerakan anak untuk berperilaku buruk dan membuat rencana untuk menanganinya.
 Program modifikasi perilaku memerlukan kesabaran orangtua ketika berada di dalam situasi yang suliy,untuk bersiap-siap dan menghirup nafas dalam-dalam sebelum berbicara dan tidak bereaksi secafa emosional.

Secara singkat,program modifikasi perilaku ini bukalah pelajaran yang bertentangan dengan prinsip-prinsip dasar mengasuh atau mengajar anak.Orangtua bisa melakukannya dengan efek samping yang minimal walaupun dampak positifnya belum terlalu banyak buktinya.


Sumber:Le Fanu,James.2008.Deteksi Dini Masalah-masalah Psikologi Anak(terjemahan).
Think jogjakarta:Jogjakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar