Minggu, 28 Februari 2010

MENDIAGNOSA ADHD

Langkah proses pendiagnosaan ADHD seperti yang direkomendasikan dalam DSM-IV tersebut.berikut ilustrasi singkat tentang langkah-langkah mendiagnosa.
Ada lima langkah:
 Langkah pertama:kenali tanda-tandanya
Dua tanda utama yang harus diwaspadai:
Pertama adalah tanda-tanda terjadinya kelainan atau gangguan konsentrasi dan kedua adalah tanda-tanda hiperaktif atau impulsif.
 Langkah kedua:pastikan anda tahu tanda-tanda tersebut pertama kali muncul.
Apabila tanda-tanda mulai tampak sebelum anak berumur tujuh tahun,hampir dapat dikatakan terkena ADHD.\
 Langkah ketiga:pastikan anda mengetahui di mana gejala-gejala tersebut terjadi.
Apakah perilaku anak tersebut hanya menimbulkan masalah ketika ia berada di sekolah atau apakah ketika di rumah perilakunya juga menimbulkan masalah yang sama?Apabila anak tersebut memiliki perilaku yang bermasalah dalam dua atau tiga lingkungan ia berarti mengalami ADHD.
 Langkah keempat:Lihat dan ukurlah tingkat keseriusan masalah.
Apakah perilaku snsk tersebut semat-mata hanya mengganggu atau menimbulkan masalah bagi si anak ketika di sekolah atau mengganggu ketika ia berada dalam situasi sosial yang lebih luas?
 Langkah kelima:selidikilah kemungkinan adanya masalah-masalah selain ADHD
Adalah penting untuk memastikan bahwa gangguan perilaku tersebut bukan disebabkan oleh perkembangan yang lambat atau timbul sebagai dampak gangguan jiwa.


Sumber:Le Fanu,James.2008.Deteksi Dini Masalah-masalah Psikologi Anak(terjemahan).
Think jogjakarta:Jogjakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar