Minggu, 28 Februari 2010

MENDEFINISIKAN ADHD

Ada 3 bentuk prilaku yang dapat di hubungkan dengan gangguan ADHD(Attention Deficit Hyperactivity Disorder),yaitu:
1. inantetif(tidak memperhatikan)atau distraktif (mudah terusik)
2. impulsif(semaunya sendiri/bertindak tanpa berfikir)
3. hiperaktif

pada satu individu prilaku dan gangguan-gangguan itu bisa terjadi secara terpisah-pisah,contohnya inantetif saja atau impulsif saja atau hiperaktif saja.tetapi ada juga yang sekaligus tiga prilaku tersebut ada pada satu diri individu.
Meskipun begitu,apabila seseorang anak memiliki salah satunya saja maka akan mempengaruhi kemampuannya dalam belajar dan otomatis berpengaruh pada prestasinya.

ADHD secara umum bisa dikatakan memiliki kemiripan dengan disleksia.disleksia juga memlibatkan beberapa fungsi tertentu yang membutuhkan kemampuan khusus seperti memperhatikan,berkonsentrasi dan mengontrol gerak tubuh.Kemampuan-kemampuan ini harus dipelajari seseorang anak pada masa pertumbuhannya,kebanyakan anak yang bisa mempelajari secara alamiah atau tanpa bantuan khusus.Bagi anak-anak yang tidak bisa belajar secara alamiah,mereka diharuskan mempelajarinya dengan pertolongan khusus apabila ia ingin mendapat keberhasilahn dalam kehidupannya.
ADHD jelas berpengaruh terhadap bentuk-bentuk prilaku seperti di atas.Demikian juga,ADHD berdampak terhadap proses belajar membaca dan menulis anak.pengaruh ADHD sama besarnya dengan pengaruh disleksia pada anak.

Sumber:Le Fanu,James.2008.Deteksi Dini Masalah-masalah Psikologi Anak(terjemahan).
Think jogjakarta:Jogjakarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar