Minggu, 28 Februari 2010

DUA MAHZAB PARGADIMA TENTANG ADHD

Ada dua mahzab pemikiran mengenai fenomena ADHD ini,yaitu:
1. mengatakan bahwa selama ini perhatian yang diberikan kepada fenomena ADHD terlalu berlebihan dan terapinyya yang diberikan untuk menanganinya selama ini dianggap kaku.
Menurut mereka orang yang mengalami gangguan ini hanya sedikit sekali jumlahnya.Orang-orang yang sependapat dengan kelompok ini menyalahkan pengaruh-pengaruh negatif dari perangkat audio visual contoh televisi,video,game komputer.menurutnya perangkat tersebut memadukan perpindahan gambar-gambar dan suara-suara yang berbeda-beda dalam hitungan detik adalah pihak yang bertanggug jawab terhadap meningkatnya jumlah penderitaADHD.
Perpindahan ganbar-gambar dan suara-suara yang cepat menyebabkan dapat menimbulkan rangsanganyang intensif kepada para pemirsanya yang mayoritas anak-anak.hall ini memaksakan anak untuk memecahkan konsentrasi anak menjadikan anak-anak maenjadi tidak fokus dan membagi-bagi perhatiannya.inilah yang diyakini memberikan rangsangan yang berlebihan kepada otak.lebih jauh lagi,mereka menambahkan bahwa anak-anak normal bisa berprilaku menjadi anak-anak yang menunjukkan gejala ADHD.Kasus itu juga kemudian membuat jumlah anak yang menampakan tanda-tanda hiperaktif menjadi semakin membengkak.Pertambahan jumlah anak dengan tanda-tanda hiperaktif langsung divonis sebagai angka penderita ADHD.
2. yang kedua memiliki pandangan yang bertentangan dengan kelompok sebelumnya.Menurutnya ADHD obat stmulan kurang mendapat perhatian yang serius dari para ilmuwan dan peneliti.menurutnya jumlah riil penderita ini lebih banyak dari apa yang diperkirakan.Televisi,game dan perangkat sejenis lainnya memang berpengaruh negatif bagi orang-orang yang untuk berprilaku identik seperti penderita ADHD,akan tetapi ADHD adalah permasalahan tersendiri yang tidak ada sangkut pautnya dengan media audio visual,ini merupakan permasalah klinis dan banyak orang yang mendapat manfaat dari terapi ADHD.
ADHD bisa menampakan bentuk yang berbeda di setiap individu.
Pertanyaannya adalah apakah ADHD hanya merupakan sebuah istilah medis belaka atau ia merupakan wabah baru dalam dunia kesehatan?jawabnya adalah bukan keduanya.
Ia merupakan gangguan medis yang baru berhasil diidentifikasikan belakangan ini dan memiliki kecenderungan terjadi pada oran-oran yang memiliki pertalian darah.


Sumber:Le Fanu,James.2008.Deteksi Dini Masalah-masalah Psikologi Anak(terjemahan).
Think jogjakarta:Jogjakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar