Minggu, 28 Februari 2010

APAKAH EFEK SAMPING JANGKA PENDEK DAN JANGKA PANJANG PEMBERIAN OBAT STIMULAN?

Efek samping jangka pendek dari obat stimulan yang banyak ditemukan adalah:
1.
Perubahan perilaku
Sebagian orang tua biasanya cemas dan khawatir bilamana anak mereka yang energik,bersemangat,dan banyak bergerak terapi tiba-tiba berubah setelah pengobatan mulai diberikan.Anak-anak ini menjadi tenang,memperhatikan dengan konsentrasi,dan lemah lembut.
2. Nafsu makan menurun
Efek sampingnya mungkin bersifat tempural saja,tetapi bisa pula ia akan muncul sepanjang anak tersebut menjalani terapi pengobatan.
3. Susah tidur
Anak-anak yang sedang menjalani terapi kebanyakan mengalami gangguan berupa susah tidur ketika waktu sudah menjelang larut.Pengaruh ini sejalan waktu akan menghilang dengan sendirinya.
4. Sakit perut dan sakit kepala
Efek-efek ini terjadi karena tubuh si anak baru menyesuaikan dengan obat stimulan.seorang anak tiba-tiba terserang sakit kepala setelah minum obat kemungkinan dosis yang diberikan terlalu tinggi.
5. efek balik
Sebagian besar obat stimulan yang diberikan untuk penderita ADHD bisa bertahan dalam aliran darrah selama kurang lebih empat jam.Dalam kasus yang ditemukan di beberapa anak,ketika pemberian obat dihentikan mereka tidak dapat menyesuaikan kembali dengan kebiasaan mereka sebelumnya,tetapi malah hiperaktif dari sebelum diberikan obat.

Apabila pemberian obat tidak menyebabkan gangguan tidur,maka sebaiknya si anak diberikan obat dengan dosis kecil.Apabila anda menjumpai tanda-tanda lain yang mengkhawatirkan yang ditunjukan anak ADHd,konsultasikan efek balik seperti diatas dengan dokter anak sebelum anak anda memutuskan untuk mengubah dosis untuknya.


Sumber:Le Fanu,James.2008.Deteksi Dini Masalah-masalah Psikologi Anak(terjemahan).
Think jogjakarta:Jogjakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar