Minggu, 28 Februari 2010

PENYEBAB ADHD

Sebuah riset membuktikan bahwa ADHD memiliki korelasi dengan susunan kimiawi dan fungsi otak.peneliti sudah mempelajari sistem aliran darah ke otak pada orang-orang yang mengidap ADHD dan orang-orang non-ADHD.sekalipun menggunakan teknik-teknik yang berbeda.
Sebagian besar berfokus pada depan otak dan peran syaraf pentransmisi,yaitu pada senyawa kimiawi yamg menyampaikan pesan dari satu bagian otak bagian lainnya.Dari penelitian ini didapatkan kemungkinan bahwa kemunculan ADHD disebakan oleh suatu gangguan dalam mentransmisikan oesan-pesan ke otak..
Perbedaan-perbedaan pada fungsi dan kimiawi otak seperti ini kemungkinan besar disebabkan oleh faktor keturunan karena ia dapat diwariskaan secara genetis..
Penelitian-penelitian lain dilakukan pada anak adopsi untuk mengetahui apakah prilaku anak-anak tersebut cenderung mirip dengan orangtua kandung atau lebih dipengaruhi oleh orangtua asuhnya.Riset ini ditujukan untuk megetahui seberapa besar pengaruh lingkungan keluarga terhadap ADHD yang diderita seorang anak..Hasil yang didapatkan dari sejumlah riset tersebut membenarkan hipotesis bahwa ADHD diturunkan secara genetis,karena anak-anak yang mngidap ADHD cenderung memiliki kemiripan sifat dengan orangtua kandung mereka.
Sampai saat ini lokasi di mana gen-gen yang menjadi penyebab ADHD berada belum berhasil ditemukan,dan peran syaraf pen-transmisi di dalam otak penderita ADHD belum sepenuhnya diketahui.Sekalipun demikian riset-riset yang ditujukan untuk jenis ini tetap dilanjutkan.


Sumber:Le Fanu,James.2008.Deteksi Dini Masalah-masalah Psikologi Anak(terjemahan).
Think jogjakarta:Jogjakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar