Sabtu, 29 Mei 2010

”Anak perempuan saya mengalami kelainan berupa sering cemas dan ini berpengaruh pada prestasi sekolahnya

Semua anak pernah mengalami kecemasan pada saat-saat tertentu. Wajar bila anak-anak menjadi gelisah ketika mereka diminta untuk melakukan presentasi atau berpartisipasi ke dalam seebuah pertunjukan di sekolah. Anak-anak juga bisa mengalami kecemasan ketika memasuki sekolah baru. Semua bentuk keccemasan merupakan bagian normal dari pertumbuhan anak. Kecemasan-kecemasan tersebut tidak berlangsung selamanya, ia akan berkurang dengan sendirinya. Anak seperti ini hanya butuh pengertian dan dukungan dari orang tua dan gurunya. Tetapi sejumlah anak yang menderita masalah ini secara lebih intensif, mereka mengalami kecemasan yang lebih lama yang pada akhirnya bisa mempengaruhi kemampuna meraka untuk belajar dan sukses di sekolah mereka. Ada lima jenis kecemasan yang memerlukan sebuah pendekatan yang lebih formal untuk membantu anak-anak tersebut terentas dari permasalahannya.
_ separation anxiety
Ini merupakan bentuk kecemasan yang dialami anak-anak ketika mereka akan meinggalkan ruah dan keluarga mereka untuk bergabung dengan teman-temannyadi sekolah yang ia anggap sebagai orang asing. Masalah seperti ini biasanya bisa diatasi dengan menggunakn teknik-teknik modifikasi perilaku.
_ phobia
Phobia merupakan bentuk ketakutan seperti takut terhadap ketinggian, keramaian, ruang yang bersekat-sekat, atau terhadap binatang-binatang tetentu. Beberapa anak menderita phobia sekolah: yaitu sekolah membuat dirinya takut. Phobia sekolah bisa diatasi sepenuhnya dengan menggunakan modifikasi perilaku dan konseling-konseling individual. Phobia yang terlalu ekstrim menbutuhkan pertolongan psikiater anak.
_ social anxiety
Merupakan bentuk kecemasan yang lebih serius dibandingkan dengan anak-anak yaan memiliki sifat pemalu. Kalau anak-anak yang memiliki sifat pemalu bisa menjalin pertemanan dengan orang-orang yang sudah dikenal dengan baik, anak-anak yang menderita kecemasan social mengalami ketakutan pada orang lain. Hal ini tidak saja dialaminya ketika berada di sekolah, tetapi juga ketika sedang di jalan. Anak-anak seperti ini biasanya akan membutuhkan pertolongan psikiater profesonal untuk belajar mengatasi kesulitan yang ia hadapi.
_ generalized anxiety
Merupakan sebuah kondisi yang terjadi ketika masih bayi. Anak tersebut takut dengan banyak hal, termasuk sekolah. Kecemasan seperti ini mempengaruhi kemampuan anak dalam belajar, bermain, dan lain-lain. Anak yang seperti ini membutuhkan psikiater untuk membantu mereka mengatsu masalah ini.
_ severe psychiatric illness
Penyakit seperti schizophrenia bisa melibatkan gejala-gejala seperti kecemasan. Sebagian besar penyakit ini bisa disembuhkan dengan memberikan obat-obatan yang tepat dan bantuan konseling dengan seorang ahli.

Dikutip dari:buku berjudul”Deteksi dini masalah-masalh psikologi anak” oleh james le fanu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar